BAB IV – The Power of Mind

Otak merupakan pusat pengendali diri manusia. Apabila otak itu sehat, maka sehat pula pribadinya. Sel-sel otak lebih sensitif terhadap zat gizi daripada sel-sel yang lainnya. Sedangkan rata-rata tingkat gizi manusia di Indonesia tergolong rendah. Itulah salah satu penyebab rendahnya kualitas sumber daya manusia di Indonesia.
0Capture.JPG
Apa yang otak butuhkan?

Otak sangat rakus akan oksigen.

Meskipun komposisi otak hanya 2% dari massa tubuh, tetapi bagian ini menghabiskan total 20% kebutuhan oksigen. Salah satu cara agar mencukupi oksigen tersebut adalah dengan minum air putih yang cukup dan dengan memperbanyak sujud.

Minum air putih yang cukup dan rasakan sejuta manfaatnya.

Rata-rata air mineral yang dibutuhkan orang adalah 8 gelas perhari. Air merupakan obat dari segala penyakit. Sekitar 80% bagian manusia adalah air. Ketika kekurangan air, darah akan mengental sehingga proses metabolisme pun menurun. Ketika darah kental, pasokan oksigen yang mengalir ke otak berkurang, sehingga akan menyebabkan pusing.
“Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tidak juga beriman?” [21: 30]

Sujud adalah posisi ketundukan dan kerendahan hati yang tertinggi.

Ketika bersujud, posisi jantung berada di atas otak sehingga darah yang mengandung oksigen dapat mengalir secara maksimal ke otak.
"Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu." (HR Muslim)

Olahraga mendongkrak kekuatan otak

Semakin banyak berolahraga, semakin banyak jaringan yang bisa diberi makan dan semakin banyak limbah racun yang bisa dibuang. Itulah sebabnya olahraga meningkatkan sebagian besar fungsi manusia.

Makan makanan yang bergizi

Input makanan bergizi + proses = output berkualitas
Karbohidrat sebagai sumber energi bagi otak. Terdapat pada makanan whole grain (bulir utuh) seperti oat, gandum, beras merah, dan tepung gandum utuh.
Protein sebagai neurotransmitter, yaitu penghantar rangsang saraf otak. Terdapat pada protein hewani (salmon, daging, telur) maupun protein nabati (tahu, tempe, dan kacang-kacangan).
Vitamin sebagai pembentuk dan pertumbuhan sel otak. Terdapat pada buah beri (stroberi, bluberi, ceri, blackberry) dan sayuran berwarna seperti (brokoli, wortel, tomat).
Mineral sebagai pembentuk lapisan serabut saraf otak. Terdapat pada sayuran daun hijau tua seperti brokoli, kubis, bunga kol, dan bayam.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s